CSR PJB PAITON

Panen Perdana OIS Sukses meningkatkan Produksi Padi hingga 40%

Eko Setyawan | Senin, 10 Juli 2017 - 16:46:25 WIB | dibaca: 208 pembaca

General Manager PT PJB Paiton Abu Hasan (merah) panen bersama camat Kotaanyar dan warga

Kotaanyar – Pertanian merupakan sektor yang seksi bagi warga desa Kotaanyar. Bagaimana tidak, Lahan pertanian padi di desa Kotaanyar lebih dari 200 hektar (BPS Kotaanyar). Tak heran mayoritas warganya berprofesi sebagai petani. Namun, luas lahan pertanian belum menjamin kehidupan petani di desa Kotaanyar sejahtera. Hal ini disebabkan ketergantungan petani terhadap pupuk kimia yang saat ini harganya terus mengalami kenaikan. Selain itu, pola tanam konvensional juga berpengaruh terhadap produktifitas dan ketahanan tanaman padi terhadap serangan hama.

Untuk menghadapi problema yang dihadapi oleh petani didesa Kotaanyar, CSR PT PJB UP Paiton mengajak petani berinovasi mengembangkan pertanian organic melalui program Organic Integrated System (OIS).

Program yang sudah berjalan dari bulan April 2017 ini terbukti mampu meningkatkan produktifitas tanaman padi saat panen perdana berlangsung. Sebanyak 5,2 hektar lahan padi di desa Kotaanyar berhasil meningkat produktifitasnya lebih dari 40% saat panen bersama program organic integrated system (OIS). Lahan tersebut merupakan binaan CSR PT PJB UP Paiton bekerjasama dengan petani local.

Salah satu petani penerima manfaat di desa Kotaanyar, Muzakar mengatakan, rata – rata hasil panen meningkat dari musim tanam sebelumnya.

“Panen padi musim ini dikatakan sukses, ada peningkatan hasil dari musim sebelumnya sekitar 6 ton per hektar menjadi 9-10 ton per hektar” katanya dalam acara panen bersama program OIS, Kotaanyar, Kamis (06/07/17).

Hal serupa juga diamini oleh camat Kotaanyar Ponirin, menurutnya program CSR PT PJB UP Paiton termasuk hebat karena bisa mendampingi petani hingga berhasil panen, padahal di desa lain banyak yang mengalami gagal panen.

“Lahan tani diwilayah lainnya banyak yang mengalami gagal panen karena banyak serangan hama burung dan wereng. Namun dengan pendampingan intensif dari CSR PT PJB UP Paiton, hama bisa diminimalisisir bahkan dapat meningkatkan hasil panen padi petani.” Kata camat Kotaanyar.

General Manager  PT PJB UP Paiton Abu Hasan  juga menyampaikan komitmennya untuk menjadikan desa Kotaanyar sebagai kawasan pertanian organik.

“Selain ada penambahan lahan dampingan, hari ini kita berkomitmen mempersiapkan Kotaanyar sebagai kawasan Organik.” Tutur Abu Hasan.

 










Komentar Via Website : 5
Manfaat Teripang Laut Untuk Kecantikan
28 Oktober 2017 - 15:29:03 WIB
Mantap berita nya sob!!! semoga apa yang kami berikan dapat memberi manfaat positif https://goo.gl/b99Hh1 || https://goo.gl/ntqeHg
Gatot Raharjo
08 Februari 2018 - 08:06:55 WIB
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)