CSR

JARINGAN SEKOLAH PEMBANGKIT NUSANTARA ( JSPN )

BANGKIT PENDIDIKAN BERKARAKTER DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Khairul Anam | Jumat, 06 Mei 2016 - 12:31:46 WIB | dibaca: 677 pembaca

Pembuakaan Kemah Bakti di SMA Besuki yang dibuka langsung oleh GM PJB Paiton Abu Hasan didampingi oleh Kepala Sekolah SMABES dan narasumber Masud Efendi

BANGKIT PENDIDIKAN BERKARAKTER
DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN

Program CSR PJB Paiton yang intens  soal  pendidikan  berkelanjutan selama  ini  telah  aktif sejak  tahun 2014 dengan menggandeng mitra  CSR yaitu Sanggar belajar tata kelola lingkungan  (SekolaKonang ). Kegiatan tersebut bertujuan  untuk  ikut serta  dan berpartisipasi  aktif  dalam  dunia  pendidikan  kususnya  yang berkaitan  dengan pelaksanaan Kurikulum sekolah  yang  berwawasan  lingkungan  hidup.

Untuk itu  PJB Paiton bersama  dengan SekolaKonang  telah  menyusun Road Map  program Pendidikan  bersama  yang diikuti  oleh   Komitmen  bersama 10 sekolah  yang diberi nama  Jaringan  Sekolah Pembangkit Nusantara  ( JSPN ). Adapun kegiatan  tersebut  meliputi :

1.    Sosialisasi, Rekruitmen, MoU, Komitment Sekolah
Kegiatan Adopsi sekolah dan sosialisasi program “Jaringan Sekolah Pembangkit Nusantara” (JSPN) adalah bagian penting dari seluruh rangkaian kegiatan Program Bangkit Sekolah Berkarakter dan Berbudaya Lingkungan. Karena kegiatan diatas menjadi bukti komitmen bersama antara SekolaKONANG bersama Lembaga Sekolah (Satuan Pendidikan ) melalui kontribusi pendanaan CSR PJB Paiton  dalam mengupayakan perbaikan kualitas pendidikan dan lembaga sekolah di sekitar wilayah kerja perusahaan dengan melibatkan seluruh stakeholder pendidikan.
Terpilihlah  10 sekolah  yang  masuk dalam  Anggauta  Jaringan Sekolah  Pembangkit  Nusantara  ( JSPN )
Kesepuluh sekolah tersebut diantaranya: SMPN 2 Kraksaan, SMPN 1 Pajarakan, SMPN 1 Maron, SMPN 2 Krejengan, SMPN 2 Banyuglugur, SMAN Gading, SMAN Krucil, SMAN Gending, SMAN Besuki dan MAN Pajarakan.
Kerjasama  ini  dilaksanakan  bersama – sama  dengan  Stake Holder  lain  yang berkepentingan   yang akhirnya  menghasilakan  kesepakatan  bersama  melalui  Pakta Integritas  Membuadayakan  Sekolah  Berkarakter  dan  Berbudaya  Lingkungan  dengan  mengedepankan  4 Pilar  Pendidikan  yaitu  :  KEBIJAKAN  SEKOLAH  YANG BERWAWASAN  LINGKUNGAN , KURIKULUM DAN  RPP  YANG BERBASIS  LINGKUNGAN , PARTISIPASI  PARA  PIHAK  DAN,  MEWUJUDKAN  SARANA  PRASARANA  SEKOLAH  YANG  BERWAWASAN  LINGKUNGAN 
2.    Workshop Konsep EE (Environment Education) for Sustainable Development
Kegiatan ini adalah tahap penguatan konsep dan kebijakan sekolah berkarakter dan berbudaya lingkungan melalui pertemuan 10 kepala sekolah anggota JARINGAN SEKOLAH PEMBANGIT NUSANTARA dalam tajuk kegiatan workshop ESD untuk Kepala sekolah dan Pengawas yang dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 Desember 2014.

Kegiatan workshopyang  melibatkan para Kepala Sekolah dari 10  anggota  JSPN  tersebut  melaksanakan  beberapa  kegiatan  dan  diskusi  bersama  dengan dipandu  oleh Narasumber Nasional Ibu Aulia Wijiasih  ( Penggiat  Pendidikan  dan  ESD  Nasional )  antara  lain  :

*  Membuat kelompok kerja   dan  presentasi kelompok untuk melakukan analisa potensi dan masalah kelolakan melalui tools kompas berkelanjutan     
*  Melakukan proses analisa masalah dan potensi secara partisipatif dan melalui proses berpikir terstruktur dan holistic 
*  Melakukan proses simulasi pembuatan rencana strategis dengan menggunakan tools piramida berkelanjutan.
*  Menyusun  piramida dasar adalah kegiatan melakukan analisa kondisi kekininian yang ditinjau dari 4 (empat) pilar ESD yaitu; Lingkungan, Ekonomi, Sosial dan Kenyamanan Hidup (wellbeing). Setelah melakukan analisa kondisi, para peserta diajak menemukan keterkaitan antara 4 pilar tersebut, sehingga menggambarkan konsep berpikir holistic. Maka sebenarnya tools tersebut dapat digunakan sebagai media komunikasi antar pihak dalam penyusunan design kurikulum satuan pendidikan. 
Kegiatan  ini dilanjutkan  dengan kegiatan yang sama  dengan  peserta  para  guru  dan Wakil  Kepala sekolah  bidang Kurikulum  dan Sarpras.Di periode ke tiga dilaksanakan  kegiatan  KEMAH  BAKTI LINGKUNGAN  dengan  tajuk :
KEMAH AKSI  SEKOLAH  ADIWIYATA  ( KASTA  )  yang meliputi  empat  kelompok gugus  kerja  lingkungan  yaitu :
1.    Sekolah  Pesisir  dan  Mangrrove  ( diwakili  SMA Besuki dan  SMP Banyuglugur )
2.    Sekolah  Perkotaan  dan  Industri ( SMP 2 Kraksaan , MAN  Pajarakan, SMA Gending )
3.    Sekolah  Sawah  dan  Pedesaan  (  SMP 2 Krejengan , SMP 1 Pajarakan , SMP 1 Maron )
4.    Sekolah  Sungai , Gunung dan Hutan  ( SMA Gading dan SMA Krucil  

Program  CSR  PJB Paiton  yang bertajuk  Jaringan Sekolah Pembangkit Nusantara  ( JSPN )  telah  menjadi  model  pembelajaran  di kabupaten  Probolinggo dan Situbondo  dan akan  dilanjutkan  dalam program  yang sama  untuk 20  sekolah  dampingan. ( d3x )










Komentar Via Website : 38
umpan ikan mas siang hari yang ampuh
11 Mei 2018 - 09:43:35 WIB
terima kasih untuk infonya

https://goo.gl/oJGMwb
umpan ikan mas anti zonk
23 Mei 2018 - 09:53:00 WIB
terima kasih untuk infonya,, slahkan follow back ya..
https://goo.gl/vBHonA
Obat Herbal Untuk Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur
23 Mei 2018 - 13:39:00 WIB
Terimakasih infonya
shorturl.at/ivBIS
Essen Ikan Patin Galatama Anti Zonk
24 Mei 2018 - 10:08:36 WIB
Terimakasih untuk informasinya
https://goo.gl/BA7SAk
Umpan Serbuk Ikan Nila Galatama
06 Juni 2018 - 13:17:35 WIB
Terimakasih untuk Informasinya https://goo.gl/zr2J3m


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)